-->

Sumber Daya Alam yang dapat Diperbarui dan contohnya


Tuhan menciptakan bumi dan segala isinya untuk manusia. Pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia dilaksanakan setiap hari. Makanan kita umumnya berasal dari tumbuhan dan hewan. Dari tumbuhan, kita dapat memperoleh bahan makanan, antara lain, berupa padi, jagung, gandum, sayuran, dan buah-buahan. Dari hewan, kita dapat memperoleh telur, daging, dan susu. Sumber daya alam terbesar yang berada di dalam laut berupa ikan. Oleh nelayan, ikan-ikan tersebut ditangkap untuk mencukupi keperluan hidup manusia. Manusia juga memerlukan bahan pakaian, bahan bangunan, perabotan rumah tangga, dan berbagai macam sumber tenaga. Sumber tenaga tersebut ada yang berasal dari kayu bakar, minyak bumi, gas alam, batu bara, dan sebagainya. Batu juga termasuk sumber daya alam. Batu banyak terdapat di lereng gunung berapi dan sepanjang aliran sungai. Apa yang dapat kita ambil dari dalam tanah? Tentunya berbagai macam bahan galian, seperti emas, perak, besi, tembaga, seng, dan aluminium.

Jadi, sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan bermanfaat bagi manusia. Sumber daya alam tersebut digunakan manusia, untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui  Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang selalu tersedia walau terus-menerus digunakan karena dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu relatif singkat. Contoh sumber daya alam tersebut, antara lain, tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara.

Tumbuhan
Tumbuhan banyak dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan tumbuhan, antara lain untuk bahan makanan, pakaian, bangunan, dan obat-obatan. Tumbuhan dapat disebut sebagai sumber daya alam nabati. Hasil hutan, hasil pertanian, dan hasil perkebunan termasuk sumber daya alam nabati. Kayu dan rotan adalah hasil hutan. Padi, jagung, gandum, dan sagu adalah hasil pertanian yang merupakan bahan makanan pokok. Hasil perkebunan yang bernilai ekonomi, meliputi karet, lada, kopi, dan cengkih. Bernilai ekonomi berarti dapat dijual dengan harga yang cukup mahal.


Tumbuhan setelah diambil manfaatnya dapat pulih kembali karena dapat tumbuh dan berkembang biak. Pemulihan ini dapat terjadi baik secara alami maupun dibudidayakan oleh manusia. Pemulihan secara alami artinya pemulihan yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Hutan merupakan penghasil sumber daya alam nabati terbesar. Selain itu, hutan juga mempunyai fungsi terbanyak, antara lain, sebagai penghasil kayu, tempat menyimpan persediaan air, pencegah erosi, tempat hidup tumbuhan, serta tempat hidup hewan-hewan tertentu. Jadi, kelestarian hutan hendaknya selalu kita jaga agar tidak rusak. Melestarikan hutan dapat dilakukan melalui kegiatan,
antara lain:
  1. mencegah penebangan liar,
  2. mencegah kebakaran hutan,
  3. melakukan tebang pilih,
  4. melakukan tebang tanam,
  5. memperbaiki kondisi lingkungan hutan, dan
  6. melakukan reboisasi.


Hutan sebagai sumber daya alam berfungsi pula sebagai tempat perlindungan beberapa jenis hewan dan tumbuhan langka. Usaha perlindungan terhadap keanekaragaman tumbuhan dan hewan serta tata lingkungan disebut suaka alam. Contoh suaka alam, yaitu cagar alam dan suaka margasatwa. Cagar alam adalah usaha pemerintah untuk melindungi hutan, tumbuhan, dan hewan agar tidak punah. Suaka margasatwa adalah usaha pemerintah untuk menjaga dan melestarikan hewan-hewan langka agar tidak punah. Dapatkah kamu menunjukkan contoh-contoh cagar alam dan suaka margasatwa yang terdapat di Indonesia?

Hewan
Kita mengenal hewan peliharaan dan hewan liar. Kedua kelompok hewan tersebut disebut sumber daya alam hewani. Adapun manfaat hewan bagi manusia, sebagai berikut:
  1. sebagai sumber pangan (diambil telur, kulit, atau dagingnya);
  2. sebagai sumber sandang (kulit sapi dapat dibuat sepatu, tas, dan jaket);
  3. sebagai sumber tenaga (kerbau, sapi, dan gajah).

Tanah
Tanah merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu, pelestarian tanah harus kita perhatikan agar dapat diolah dan dapat dijadikan sumber kehidupan.

Air
Air merupakan sumber daya alam yang banyak tersedia di bumi. Air terdapat di mana-mana. Di sungai, di danau, di laut, bahkan di dalam tanah terdapat air. Manusia membutuhkan air untuk berbagai keperluan hidup, seperti mandi, memasak, mencuci, dan sarana pembangkit tenaga listrik. Sebagai sumber daya alam, air harus selalu dijaga kelestariannya. Usaha-usaha pelestarian air dapat dilakukan dengan cara mencegah pencemaran air, membuat waduk, mengadakan penghijauan pada tanah-tanah gundul, dan mengadakan daur ulang air.

Udara
Udara termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui karena mempunyai siklus yang teratur. Udara mengandung berbagai macam gas, antara lain, oksigen, karbondioksida, nitrogen, hidrogen, dan uap air. Oksigen dibutuhkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan untuk bernapas. Oksigen adalah gas hasil fotosintetis tumbuhan.
Siklus udara dapat terganggu karena polusi udara dan penebangan pohon secara liar. Polusi udara dapat ditimbulkan oleh asap kendaraan dan asap pabrik. Udara yang kotor dapat mengakibatkan berbagai penyakit pada saluran pernapasan. Jaga dan lestarikan pepohonan di sekitarmu agar selalu tercipta udara segar!


0 Response to "Sumber Daya Alam yang dapat Diperbarui dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel