-->

Pelestarian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui


Pelestarian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Seiring dengan kemajuan teknologi, logam banyak digunakan untuk berbagai keperluan hidup manusia. Agar kebutuhan logam terpenuhi, manusia melakukan penambangan logam secara besar-besaran. Apabila hal ini terusmenerus terjadi, lambat laun persediaan sumber daya alam berupa logam akan habis. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya agar kita dapat mempertahankan kelestarian sumber daya alam tersebut. Upaya-upaya yang dapat dilakukan, antara lain:
  1. melakukan perlindungan dan pengawasan terhadap tindakan penambangan,
  2. mengadakan penghematan pemakaian logam, dan
  3. mengadakan daur ulang logam.

Kegiatan Manusia yang Mengubah Permukaan bumi
Permukaan bumi adalah tempat hidup manusia. Seiring dengan perkembangan jumlah penduduk, kebutuhan manusia makin meningkat. Akan tetapi, segala sesuatu yang disediakan alam tidak selalu dapat dimanfaatkan dengan mudah. Manusia harus mengolah lebih dahulu. Untuk dapat mengolah sumber daya alam, kadangkadang menuntut adanya perubahan lingkungan, seperti mengubah permukaan tanah untuk jalan, perkotaan, pertanian, dan bangunan.

1. Jalan
Pembangunan yang makin pesat, mengakibatkan kebutuhan jalan makin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi tersebut, sering dilakukan kegiatan yang menuntut adanya perubahan fungsi. Perubahan tersebut antara lain, mengubah lahan pertanian, membuka hutan, dan membongkar bangunan untuk dijadikan jalan.

2. Perkotaan
Jumlah penduduk di negara kita selalu bertambah. Bertambahnya jumlah penduduk mengakibatkan makin meningkatnya kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal dan perkantoran yang sangat tinggi, orang kota terpaksa mengubah lahan pertanian dan lahan kosong menjadi daerah pemukiman. Untuk menyiasati makin sempitnya lahan, dibuat rumah susun. Saat ini, pemerintah membuat program rusunawa. Rusunawa adalah rumah susun sederhana sewa.

3. Pertanian
Kebutuhan akan pangan dari hari ke hari selalu meningkat. Oleh karena itu, manusia melakukan budidaya tanaman, seperti membuat ladang, sawah, dan kebun.
 
Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian diperlukan usaha dari manusia. Usaha tersebut, antara lain, dengan pancausaha tani dan membuat sengkedan pada tanah pertanian yang miring. Sengkedan dibuat agar humus tidak mudah terbawa air. Pengelolaan lahan pertanian merupakan salah satu kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi. Pengubahan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dahulu, pengolahan lahan pertanian menggunakan bajak bertenaga hewan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, para petani mulai menggunakan traktor untuk
menghemat tenaga dan waktu. Pancausaha tani adalah usaha untuk meningkatkan hasil
pertanian dengan cara mengolah lahan yang akan digunakan, memilih bibit unggul, pengairan atau irigasi, pemupukan, dan pemberantasan hama.

4. Bahan Bangunan
Pembangunan yang pesat mengakibatkan kebutuhan jalan dan tempat tinggal makin meningkat. Tentu saja untuk memenuhi semua itu diperlukan bahan bangunan. Untuk memperoleh bahan bangunan, terkadang mengakibatkan perubahan bentuk permukaan bumi. Penambangan kapur dapat mengubah gunung kapur menjadi dataran. Penambangan pasir dan batu dapat menyebabkan tanah longsor. 

Ringkasan Materi
  1. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat digunakan manusia untuk mencukupi kebutuhannya.
  2. Berdasarkan kelestariannya sumber daya alam dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
  3. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, antara lain, tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara.
  4. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain, batu bara, minyak bumi, gas bumi, logam, dan barang tambang lain.
  5. Sumber daya alam yang berupa tumbuhan dilestarikan dengan cara membuat cagar alam dan penghijauan.
  6. Sumber daya alam yang berupa hewan dilestarikan dengan cara budidaya hewan dan membuat suaka margasatwa
  7. Sumber daya alam yang berupa air dilestarikan dengan cara membuat waduk/dam, mengadakan penghijauan di tempat-tempat yang gundul, mencegah pencemaran air, dan daur ulang air.
  8. Berdasarkan penyusunnya, ada dua jenis barang tambang, yaitu mineral dan bukan mineral.
  9. Batu bara dan minyak bumi merupakan barang tambang bukan mineral karena berasal dari tumbuhan dan hewan.
  10. Barang tambang berupa mineral, antara lain, besi, emas, aluminium, timah, tembaga, dan nikel.
  11. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memanfaatkan hampir semua sumber daya alam yang tersedia.
  12. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dapat mengubah permukaan bumi.
  13. Pemanfaatan sumber daya alam harus memperhatikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan.
  14. Kegiatan manusia dapat menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi. Misalnya, pembuatan jalan, penambangan, pembuatan lahan pertanian, dan pemukiman.


0 Response to "Pelestarian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel