-->

Ciri Khusus pada Beberapa Tumbuhan


Tumbuhan yang ada di sekitar kamu sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh lingkungan tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup. Berikut akan dijelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.

Ciri Khusus yang Dimiliki Kaktus
Pernahkah kamu melihat tumbuhan kaktus? Biasanya di tempat-tempat penjual tanaman hias dijual tumbuhan kaktus. Apakah ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus? Di daerah manakah tumbuhan kaktus tumbuh?


Tumbuhan kaktus merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air. Oleh karena itu, kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk daun kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri. Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.

Ciri Khusus yang Dimiliki Tumbuhan Pemakan Serangga
Ada beberapa tumbuhan di alam yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan unsur makanan yang diperlukan melalui akar. Tumbuhan seperti apakah itu? Dengan cara apa tumbuhan tersebut mendapatkan makanan selain melalui akar? Tumbuhan yang mengalami hal tersebut adalah tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora (Venus). Kedua tumbuhan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak nitrogen. Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset. Adapun pada tumbuhan kejora, serangga yang hinggap dan menyentuh ''lengan daun'' akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan dicerna oleh cairan yang dihasilkan daun. Perhatikanlah Gambar berikut ini.
Mawar
Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah bila ingin memetiknya. Sebab, kalian bisa terkena duri-durinya yang tajam. Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.


Adaptasi dibedakan menjadi tiga. Pengertian masing-masing adaptasi dijelaskan di bawah ini.
  1. Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan antena pada semut.
  2. Adaptasi ¿siologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan oleh suatu organisme. Contohnya, bunga raƀesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.
  3. Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkan daunnya bila disentuh.

Untuk mengenalinya, setiap tumbuhan dan hewan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan jenis lainnya.
  • Ibu jari pada kelelawar dapat digunakan untuk mendaki di bebatuan dan pohon.
  • Alat indra pada kelelawar selain mata adalah gelombang bunyi.
  • Cecak adalah reptilia yang dapat merayap di dinding karena telapak kakinya mengandung bagian yang berfungsi sebagai alat pelekat. Cecak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa.
  • Bebek berenang dengan menggunakan selaput kulit pada sela-sela kakinya. Untuk menangkap makanan berupa cacing, bebek memiliki paruh yang pipih dan lebar.
  • Tumbuhan kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air dan berdaun kecil untuk dapat hidup di daerah kering atau kurang air.
  • Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, tumbuhan kantung semar dan tumbuhan kejora memakan serangga

Ayo Pelajari Kembali
  1. Mengapa kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air dan berdaun kecil?
  2. Sebutkan contoh tumbuhan pemakan serangga. Jelaskan bagaimana cara menangkap serangganya.
  3. Apakah kamu sudah memahami materi tentang Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup?
  4. Dalam mempelajarinya, apakah kamu menemukan kesulitan? Jika ada, diskusikan bersama teman dan gurumu.
  5. Buatlah kliping berisi gambar-gambar dan ciri-ciri dari tumbuhan yang hidup pada kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Kumpulkan dan diskusikan bersama teman-teman di kelasmu.


0 Response to "Ciri Khusus pada Beberapa Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel